Jumat, 13 Februari 2015

Jawa Tengah ( Akik Luk Ulo )


Akik Luk Ulo

Popularitas batu asli Kebumen semakin tinggi. Minat masyarakat lokal dan internasional pun semakin terangkat dengan batuan asli Kebumen yang terkenal dengan kekayaan jenis dan motif batuannya. Pamor batu akik Sungai Luk Ulo pun semakin naik daun di pasaran Kebumen maupun luar kota.

Ditayangkan dalam topik ANTV beberapa waktu lalu, batuan Kebumen yang dijadikan batu akik tersebut memang terkenal karena tingkat kekerasan batu, adanya kadar minyak dan struktur batuan yang solid. Itu karena umur batuan dari Sungai Luk Ulo dan Karangsambung itu disebut merupakan yang tertua di wilayah geologi Asia – Pasifik.

Kebihan itu juga yang tidak dimiliki oleh batuan akik dari daerah lain. Batu akik Luk Ulo akan selalu kinclong dan tidak gampang usang. Meningkatnya pamor batu akik membuat beberapa pengrajin batu akik mulai kebanjiran rejeki. Bambang Indrajie misalnya, pria yang sejak tahun 1995 bergelut dengan batuan akik ini mengatakan harga batu akik Luk Ulo bisa ratusan ribu hingga jutaan rupiah sesuai dengan motif dan kekerasan batunya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar